Interaksi Manusia dan Komputer

14 Mar

Interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Interaksi adalah komunikasi dua arah antara manusia (user) dan sistem komputer. Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi dan reaksi) yang saling mendukung. Jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.

Interaksi manusia dan komputer merupakan sebuah subyek yang multidisiplin. Desain ideal dari sebuah sistem interaktif seharusnya memiliki keahlian dalam berbagai topik ilmu pengetahuan seperti psikologi dan kognitif, sosiologi, ilmu dan teknologi komputer, dan lain-lain.

Ada tiga isu utama yang diperhatikan dalam interaksi manusia dan komputer sebagai sistem mesin-manusia yaitu manusia, komputer, dan pekerjaan yang dilaksanakan. Interface yang bagus dan cantik serta artistik akan sangat menyenangkan dan dapat merampungkan pekerjaan yang dibutuhkan, sebuah perkawinan antara seni dan ilmu pengetahuan yang menghasilkan sebuah kesuksesan secara menyeluruh.

Prinsip kerja dalam computer adalah adanya masukan (input), proses (process), keluaran (output). Ketika seseorang bekerja dengan komputer ia melakukan interaksi dengan komputer dengan cara-cara tertentu. Cara yang umum dilakukan adalah bahwa pengguna memberikan suatu perintah kepada komputer dan komputer menanggapinya dengan mencetak atau menuliskan tanggapan itu pada layar tampilan (monitor).

Dari jargon “input, process, output” di atas, pengguna tidak tahu menahu dengan apa (process) yang sesungguhnya terjadi di dalam sistem komputer. Dengan kata lain, lewat input (masukan) dan output (keluaran)-lah pengguna dan komputer saling berinteraksi.

Oleh karena itulah diperlukan  alat yang memiliki kemampuan yang mudah dioperasikan dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna (user) merasa nyaman dalam mengoperasikannya.  Inilah yang dikenal dengan istilah “user friendly”  (ramah pengguna). Istilah “ramah pengguna” digunakan untuk menunjuk kepada kemampuan yang dimiliki oleh alat dalam hal ini komputer baik perangkat lunak maupun perangkat kerasnya  yang mudah diaplikasikan atau dioperasikan.

Dengan adanya suatu sistem yang ramah pengguna atau user friendly ini tentu akan menciptakan perasaan nyaman dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan komputer. Perasaan nyaman ini kemudian akan meningkatkan kualitas dan kuantitas pekerjaan sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Sistem yang user friendly ini bisa dikatakan sebagai interaksi manusia dan komputer dalam sistem mesin-manusia yang ergonomis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: